Selasa, 06 April 2010

Cintai dan Bencilah Sesuatu Sewajarnya

"Tetapi boleh jadi kamu tidak menyenangi sesuatu, padahal itu baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal itu tidak baik bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui" [Al-Baqarah 216]

Sering kali kita mencintai seseorang ataupun suatu benda secara berlebihan, sehingga kita mengorbankan segalanya hanya untuk bisa mendapatkannya. Dan sebaliknya, kita juga sering sekali membenci orang atau suatu benda secara berlebihan, hingga kita selalu berusaha menjauh darinya, selalu menjelek-jelekkannya.

Pada suatu saat, apapun yang kita cintai atau senangi dengan berlebihan itu, secara drastis menjadi sesuatu yang kita benci atau tidak kita sukai. Sebagai contoh jika menyukai sesuatu itu karena bentuk fisik, seperti kecantikan, ketampanan, bentuk-bentuk yang indah, dan segalanya yang tampak wah di mata. Hal-hal seperti itu bisa berubah dengan cepat, sebuah kecantikan, ketampanan, atau sebuah keindahan bisa secara cepat menjadi rusak jika Allah menghendakinya. Contoh lain, jika kita menyukai sesuatu karena harta, posisi, atau kedudukan seseorang, suatu saat hal-hal ini bisa lenyap dengan seketika. Orang bisa saja bangkrut hanya dalam hitungan detik, posisi dan kedudukan pun bisa hilang dengan sekejap.Tidak hanya yang tampak, yang tidak tampak, seperti sifat seseorang pun bisa dengan cepat berubah. Yang disayangkan adalah, saat kita menyadari kalau untuk mendapatkan apa yang sebelumnya kita sukai itu, kita ternyata telah mengorbankan segalanya: waktu, tenaga, harta, persahabatan, bahkan yang paling parah kalau kita sudah mengorbankan keyakinan kita.

Dilain pihak, sesuatu yang sangat kita benci, bisa berbalik menjadi sesuatu yang berguna bagi kita, bahkan bisa jadi kita akan sangat menggantungkan nasib hidup kita kepadanya. Sesuatu yang sebelumnya kita sia-siakan, yang kita buang, kita acuh tak acuh terhadapnya.

Jadi, inti pesan dari ayat ini adalah jangan kita mencintai segala sesuatu secara berlebihan, dan jangan pula membenci sesuatu secara berlebihan....sikapi segala sesuatu dengan wajar, karena berlebih-lebihan itu tidak selalu mendatangkan sesuatu yang baik. Allah Maha Mengetahui apa yang makhluknya tidak ketahui.

Walaupun belum mendapatkan sebuah "chemistry" yang bisa bikin isi dari tulisan ini menjadi mengena di hati pembacanya (maklum masih newbie dalam hal tulis-menulis), tapi gue berharap semoga tulisan ini berguna bagi semua orang khususnya gue (hey!! ini tulisan "bener" pertama gue!! hehehe....)

KEEP MOVING FORWARD!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar