Rabu, 29 Juni 2011

Sederhana dalam Mengungkapkan Kebahagiaan

"Alhamdulillah!!!! akhirnya gw ketrima di blablabla...gw dapet blablabla....g nyangka gw dapet nilai 98! padahal usaha gw cuman segini...."

Adakah yang salah dengan pernyataan di atas? ungkapan rasa syukur terhadap pencapaian kita memang bukanlah sesuatu yang salah atau dilarang. Tapi apa rasanya jika kalian berada dalam posisi menjadi orang yang sedang dalam pengharapan untuk mendapatkan apa yang dicapai oleh orang lain tersebut ketika mendengarkan orang itu mengucapkan pernyataan-pernyataan diatas dihadapan kalian? 

Saya yakin pasti ada rasa kecewa, iri sampai-sampai ingin marah kepada mereka ketika kita telah melakukan usaha lebih banyak dari pada seseorang namun malah orang tersebut yang berhasil mencapai apa yang kita harapkan.

Saya akhir-akhir ini juga merasakan dan melihat beberapa atau bahkan mungkin bisa dibilang banyak tentang kejadian ini...karena akhir-akhir ini adalah masa-masa pencarian magang, masa-masa nilai ujian keluar hingga pengumuman snmptn anak-anak sma yang akan menjadi calon mahasiswa. Sering saya sendiri merasa kesal dengan teman saya yang koar-koar mendapatkan nilai bagus dengan usaha yang tidak seberapa, berkoar-koar mereka telah diterima magang disana-sini, melihat adik-adik yang lolos snmptn di universitas tertentu...mereka tidak hanya mengungkapkan rasa syukurnya secara berlebihan namun juga diulang-ulang dihadapan orang-orang yang sedang dalam pengharapan besar untuk mendapat apa yang mereka raih.

Perasaan iri, kecewa dan marah pasti ada di dalam hati orang-orang tersebut, terlebih lagi apabila orang yang beruntung itu melebih-lebihkan dengan menyatakan bahwa usaha yang mereka lakukan hanya sedikit atau mereka sebenernya tidak mengharapkan pencapaian tersebut bahkan yang lebih parah lagi ketika tau bahwa mereka tidak menghargai pencapaian tersebut, contoh dalam hal diterima di universitas yang kita inginkan mereka tidak akan mengambilnya.

Apa yang sebenarnya ingin saya sampaikan adalah saat kita mendapatkan sesuatu atau dalam keadaan sesuatu kita sebaiknya menyikapi hal tersebut secara sederhana karena mungkin diuar sana banyak orang yang iri atas apa yang kita hadapi, baik itu dalam keadaan positif atau negatif. Yang saya maksud negatif disini adalah ketika mengalami sesuatu yang negatif, kita juga jangan mengeluh secara berlebihan karena hal itu juga bisa menyakiti hati orang yang jauh lebih tidak beruntung daripada kita.

Apabila kita meraih sesuatu cukuplah bersyukur secara sewajarnya, tidak perlu dilebih-lebihkan, kalau kita tidak sanggup menahan perasaan syukur kita, carilah tempat yang tepat agar apa yang kita lakukan tidak menyakiti hati orang lain...

Sekian dulu tulisan hari ini...semoga bermanfaat... Mari kita berusaha menjadi orang yang sederhana, kawan!

*oh iya, saya tidak dalam keadaan iri, kecewa, atau marah dengan orang lain ketika menuliskan post ini...(biar ngak ada yang salah paham.. :D )

akhir kata, KEEP MOVING FORWARD! *slogan yang telah lama terlupakan*

(kok setelah dibaca ulang isinya aneh ya? hahaha...semoga yang baca paham maksudnya..*males ngebenerin*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar